SEJARAH MAJALENGKA

Tatang M. Amirin;  7 Desember 2010 (1 Muharam 1432 )

Tulisan saya tentang Kerajaan Talaga ternyata akhirnya sangat amat panjang sekali. Itu akan menyusahkan yang membaca. Oleh karenanya saya buka “page” sendiri agar tulisan itu bisa dipotong-potong, dan masuk ke dalam satu “page” dengan judul Sejarah Kabupaten Majalengka, bukan Sejarah Majalengka, agar tidak kisruh dengan “kota” Majalengka. TETAPI, AKHIRNYA SAYA PUTUSKAN AGAR TAK TERLAMPAU PANJANG, HANYA MENGGUNAKAN KATA SEJARAH MAJALENGKA SAJA. Isinya akan berupa bunga rampai.

Dalam “page” ini akan digabungkan pula berbagai tulisan yang terkait dengan kesejarahan Kabupaten Majalengka. Isinya akan mencakup berbagai data apapun yang terkait dengan kesejarahan Kabupaten Majalengka, sehingga tidak akan runtut menurut urutan tahun kejadian.

19 thoughts on “SEJARAH MAJALENGKA

    • Kota? Numutkeun bisluit Belanda mah tanggal 11 Februari 1840 , nyaeta mangsa ngaran kabupaten Maja landih jadi Majalengka, ngaran ibu kota Kab. Majalengka nu tadina (asalna) Sindangkasih jadi Majalengka nuturkeun aran kabupatenna. Ari ngadegna Kabupaten Majalengka (tadina Kabupaten Maja) 5 Januari 1819.

  1. Hatur nuhun pak Tatang……saatos maos blog bapak pengetahuan atanapi pangaweruh sim kuring janten nambihan. Tadina teu terang janten terang.Nuhunkeun izin bade disebar ka rerencangan.

  2. . Ass. . Saya tdin’y iseng’ buka link ini, v stlah baca asik juga saya bisa tau tentang sjarah majalengka. Makasih ya gan atas info’y..

  3. assalamualaikum pak tatang
    abdi mahasiswa sejarah undip kaleresan ti majalengka bade penelitian tentang majalengka, upami bade diskusi aya forum khusus? di antos pak waler na haturnuhun
    wassalamualaikum

  4. mang,, gaduh informasi sejarah taneh di dusun wates desa jatisura kecamatan jatiwangi,,,?? eta taneh milik TNIAU atanapi milik warga??

  5. Assalamualaikum kang tatang…
    Terimakasih artikelnya.. Ini sangat bermanfaat..
    Saya berharap artikel ini bisa dikemas dalam bentuk jurnal atau buku dengan sumber dan pustaka yang terpercaya.. Hal ini bertujuan agar beberapa penulis yang mengutip disini bisa semakin leluasa, karena kalau hanya bermodalkan website/blog ini, bisa dibilang kami yang mengutip disini merasa ragu karena blog atau website ini merupakan sumber informal. Oleh karena itu seperti kata saya di awal akan lebih baik kalau kang tatang mengemasnya dalam buku atau jurnal, sehingga kami bisa lebih leluasa mengutip… Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat..
    Terimakasih

Leave a comment