BONGKOK-CIREMAY

gunungbongkok1

BONGKOK itu nama gunung. Sebenarnya bukan gunung beneran, hanya bukit (pasir–Sunda, hill–Inggris) yang agak jangkung. Gunung Bongkok bagian dari Cunung Ciremay (Careme), yang berada di wilayah Kecamatan Argapura (pecahan dari Kecamatan Maja), Kabupaten Majalengka. Kadang kala disebut juga Gunung Sela, karena bentuknya seperti sela (sadel, pelana) kuda. Dalam salah satu peta Belanda, memang namanya bukan Gunung Bongkok, tapi Gunung Sela.  Disebut Bongkok teh karena seperti orang yang bungkuk (bongkok–Sunda). It’s a very very special hill or “mount” feature, off course. It’s why I put it as the icon of my blog. Tuh lihat gambarnya, kan persis “saddle.” Want to climb it? See, how wonderful view of the lower land of Majalengka and Kadipaten will be caught from there. Pokokna mah, lah, ‘ajib, gitu.

Halaman (page, kaca) ini dikhususkan untuk ngadu bako pake basa Sunda, khususnya untuk

NYUKCRUK LEMBUR NYAKSRAK DESA:                                            MALURUHAN RAJAGALUH, MAPAY TAPAKNA TALAGA, NALUNGTIKAN SINDANGKASIH, NGALACAK LUMAJU MAJA.

Nu dipaluruh teh macem-macem, di antarana toponomi (nami-nami tempat). Enya asal-usul nama-nama patempatan, pilemburan, atawa wewengkon. Pan loba aran-aran nu araneh kana ceuli urang ayeuna. Mun teu disuksruk jujutanana, sok saralah ngahartikeunana. Contona: Nunuk cenah tina “nunuhun” padahal tina tangkal nunuk alias waringin. Kulur cenah tina susulur, da ya dalem nu jadi susulur Karajaan (Katumenggungan) Talaga di Kadaleman Kulur. Puguh kulur teh kelewih (klewih, timbul–Jawa).

Kitu oge sajarah. Pan di wewengkon Majalengka teh pernah aya karajaan (katumenggungan ti Karajaan Galuh-Pajajaran) Talaga jeung Rajagaluh. Nu masih jadi “tanda tanya besar” teh naha enya aya karajaan Sindangkasih nu ratuna Nyi Rambut (Ambet) Kasih di Majalengka baheula? Padahal mani diugang-ugung pisan: Majalengka teh identik jeung Sindangkasih. Sindangkasih teh karajaan besar. Padahal–pek baca na “Sejarah Majalengka” atawa “Kerajaan Talaga: Melacak jejak Bujangga Manik”, puguh Majalengka teh aran anyar, lalandihan tina ngaran Sindangkasih, basa Kabupaten Maja  hulu dayeuhna (ibu kotanya) nu tadina di Maja dipindahkeun ka Sindangkasih, bari ganti aran, boh kabupatenna boh hulu dayeuhna, jadi Majalengka. Eta teh kajadianana tanggal 11 Februari 1840, sanggeus tadina jadi Kabupaten Maja ti ngawitan 5 Januari 1819. Jaman Walanda! Jadi, teu aya kasebut Karajaan Majalengka ngadeg taun 1480 (candrasangkala “Sindang Kasih Sugih Mukti,” –hehe, Sindangkasihna leungit, mo enya jadi mukti. Teu paruguh matan jeung sanadna ta mah!). Bari taunna dibalik angkana, nya?!1840 (Walanda), jadi 1480 (dongeng!).

Keun siah! Ambeh parusingeun tah urang Mjalengka. Sok lah, kakaluar makalangan atuh ahli sajarah Majalengka!

Karajaan Sindangkasih teh pabaliut jeung ngaran “karajaan” Sindangkasihna Ki Gedeng Sindang (Sedhang) Kasih jeung anakna Nyi Ambet Kasih, nu dianggep ayana teh di Beber, Cirebon. Di Beber teh aya ngaran wewengkon Sindangkasih oge, lain di Majalengka wae.

majalengka

Jadi, kaca ieu teh pikeun ngadu bako (dialog diskusi) ilmiah populer, lain jang babalagonjakan ngaler ngidul teu puguh anu dituju, teu merenah nu diseja.

Tah di handapeun foto Gunung Bongkok ieu di handap aya judul-judul nu bisa diklik. Hayu lah urang talungtik babarengan! (Ih, ganti ayeuna mah—kursorna tapelkeun ka judul Bongok-Ciremay, tah aya ngabaris judul-judul, mangga diklik di dinya!)

Ke lanan, eta peta wilayah Majalengka mani jiga pisan manuk bongkok, lain gunung bongkok pedah, nya!? Pinguin hejo dicalana soklat. Hehehe. . . .

Sok lah Tepak Tilu, Kang! Jalan sisi, nya . . .!


GUNUNGBONGKOK1

33 thoughts on “BONGKOK-CIREMAY

  1. pa, ari daerah karajaan sumedang yang diberikan ke cirebon gara-gara Ratu Harisbaya, daerah majelngka yang mana? cenah utara sungai cilutung? tepatnya mana? Kadipatenkah?

    • Nya eta atuh disuksruk teh da nu kasebut teh Sindangkasih alias Majalengka wae (make ngaran ayeuna). Padahal lamun kapanggih naskah aslina, daerah naon atuh kasebutna jeung wilayah saha, karek manoh tah wewengkon teh. Maksudna teh enya nu mana? Mun nu deukeut ka Sumedang teh, da kaasup wilayah Sumedang, apan meureun bangsaning Kadipaten, Dawuan, Jatitujuh. Bari can kakotektak naha ti mimiti iraha Sumedang ngabawahan Sindangkasih? Pan Sindangkasihna ge musnah saenggeus Nyi Rambut Kasih ngahiyang. Matak rada teu pararuguh tah babad, eh, dongeng teh. Boa-boa memang Sumedang ngabawahan wewengkon Majalengka ayeuna beulah kaler. Nu kidul kabawahan ku Talaga, nu wetan kabawahan ku Rajagaluh. Da nu puguh tapak lacak na babad mah pan ukur Talaga jeung Rajagaluh, Sindangkasih mah teu kasebut-sebut na babad Cirebon ge. Aya ge Sindangkasih, Ki Gedeng Sindangkasih anu anaknya nya Nyi Rambut Kasih, tapi lain ti karajaan Sindangkasih, apan.

    • Nyeta can mendakan nami-nami nu araneh di talaga mah, nami-nami basa sunda buhun nu sok saralah ngamaknaan. Ari sajarahna mah apan pabaliut nu tos nyerat na internet. Bari teu apal atuh ka aran lembur wewengkon wilayah talaga teh, ukur oge Banjaran, Cimeong, Sangiang, Genteng, mana deui nya? Aya kitu nami nu araneh? Sok kintun ka dieu, urang jujut tah kira-kira tina ngaran naon eta pilemburan teh. Bari sugan aya tah dongeng sasakala, sok kintunkeun ka dieu.

    • Paribasa Sunda yang konon ucapannya salah “Teng manuk teng, anak merak kukuncungan” tuh. Konon bukan “manuk teng,” tapi “maruteng.” Maruteng tuh basa Jawa (aku juga gak ngerti, bener po?!) untuk menyebut anak merak. Kayak gudel anak kebo, cempe anak kambing. Jadi maruteng, si anak merak itu, ya kayak induknya, berjambul (basa sundanya kukuncungan, alias ada kuncungnya), gitu. Jadi ‘like doughter, like mother, like son, like father,” anak sama bapak sama saja. “Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga.” “Kacang ora bakal ninggal lanjaran.” Gitu. Bakat sifat orang tua menurun ke anak-anaknya juga.

  2. Ngiringan pa lah, yeuh abdi ti rajagaluh, nuju milarian sajarah majalengka nu puguh, jigana sajarah majalengka di jieun tina dongeng meureun. asal-asal wae..

    • Sok atuh eta talungtikan Karajaan Rajagaluh. Hayaaang pisan terang, aya sugan catetan boh dina lontar, boh dina batu nisan, boh dina naon wae. Ngan sabisa-bisa ulah tina caritaan lisan, dongeng wungkul, sok teu pararuguh. Komo bari make “kiratabasa” (dikira-kira sugan nyata)–jiga majalengka cenah tina majae-langka, padahal nu puguh mah mojo pait (lawanna mojolegi).

      • Kang Tatang, waktos muka ieu blog, kuring rada bingung, eta pake ‘manguny’ sasab sareng ‘manguni’ (manuk urang Sulawesi Utara)_tapi saparantos mukaan nu sanesna, nembe kuring teh teges, yen eta teh sanes manguni, tapi Mang Universitas Islam Yogyakarta_hatur nuhun kana upaya mulasara budaya karuhun.

      • Hih, lepat. Sanes Universitas Islam Yogyakarta (teu aya!–bari janten UIY). Nu leres Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)–jadi “mang” + “uny” (manguny). Pan seueur tatang nu sanes tatang uny. tatang uny ge seueur, utamina mahasiswa, tapi sanes “mang tatang” (da dosen, janten tos mamang-mamang), mahasiswa mah tangtos “cep tatang”, hehehe….

    • Teu aya dongengna numawi ge. Aya ge dodongengan cenah eta teh sela kudana Sayidina Ali. Hehehe.. Dongeng nu sanesna tangtos urang teraskeun. Sugan wae aya ilham sareng mendakan nu “araneh”.

  3. Kuningan, Majalengka dan Ciamis merupakan kerajaan Galuh Purba sepengetahuan saya, tentu sangat dimungkinkan sekali banyak nilai-nilai sejarah dan pra sejarah pada masa lampau. salah satu peninggalan adalah tulisan lontar seperti SIKSAKANDANG KA RESIAN, SEWAKA DARMA dan AMANAT GALUNGGUNG. tentu masih banyak yang lainnya. Alangkah indah dan baikknya nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya bisa disertakan, Pantun-pantun, mantra dan ajian yang banyak mengandung filosofi kearifan lokal mungkin juga bisa memberikan wawasan dalam blog ini. Terima kasih. Cag Rampes

  4. kuring mah nyahona ceunah ngaran majalengka teh tina ngaran pabrik gula nu tempatna aya di kantor dprd majalengka ayeuna

  5. Mngenai sindangkasih yg brkaitan dgn peristiwa ratu harisbaya, saya prnah baca. Tp rada hilap2 poho hehe. Sjarahnya katanya Sumedang jd pwaris tahta padjadjaran ktika padjadjaran sirna ing bumi *mahkota binokasih, siger, dll yg mrupakan lambang kbesaran padjadjaran jd buktinya skrg trsimpan di museum Prabu Geusan Ulun, dlunya dibawa oleh kandaga lante ke smd*. Nah scra otomatis daerah kkuasaan padjadjaran yg jg bkas sunda,galuh jtuh ke kkuasaan smd. Daerah kkuasan tsb meliputi sluruh jabar kcuali cirebon, banten, n batavia. Scra otomatis mjalengka jg mnjdi daerah smd, yg pda masa itu msuk dlm slh 1 umbul (daerah) smdang yg dkepalai oleh ki umbul sindangkasih. Nah pda pristiwa harisbaya itulah daerah yg dpgang oleh ki umbul sindangkasih (mjalengka) dbrikan kpda cirebon sbg ganti talak harisbaya…sok cobi cek cross cek geura mang

    • Hehe, Sindangkasih kan sudah ditaklukkan Cirebon, oleh Pangeran Muhammad, sudah menjadi bagian Cirebon, termasuk Rajagaluh dan Talaga. Masak punya Cirebon diserahkan lagi ke Cirebon? Dan lagi, Ki Umbul Sindangkasih Somahita teh jadi “bupatinya” di Parakan Muncang. Nah, hayo, di mana tah si Parakan Muncang?! Dan di mana pula kaumbulan Sindangkasih? Urang Cirebon mengenal Sindangkasih Sumedang teh namanya Sekace. Sindangkasih itu Galunggung. Maka ada Sindangkasih di Ciamis. Nah, pabaliut, kan! Coba baca SEJARAH MAJALENGKA MELACAK JEJAK HINDIA BELANDA, ke kapendak tah Parakan Muncang teh aya di dua tempat, Cicalengka dan Tomo/Conggeang (Cimalaka juga mungkin).Paerakan Muncang tidak sama dengan Sindang Kasih Majalengka, menurut peta Belanda.

  6. Yup, posisi saya jg skrg ada di dkt sindangkasih ciamis hehe. Tpi bknkah krajaan sindangkasih & talaga jg sjarahnya masih tumpang tindih? Krena jika sjarahnya bnar mka bsa mnghapus/meniadakan sjarah krajaan yg lainnya (cenah etage). Seperti misal nyi rambut kasih (ktanya kan nama sindangkasih diambil dr nama nyai rambut kasih tu) pndiri krajaan sindangkasih yg menghilang, apa ngahyang itu brarti takluk? Pda cirebon? Sperti Bnyak mitos yg dcampur dgn sjarah & dianggap sbge sjarah yg sbnarnya. Krna sindangkasih mau jd daerah cirebon gmana toh daerah n ratunya kan uda ngahyang? Lieur aaach

    • Cenah, karena ratunya nghaiyang, kerajaannya diambil alih ku Cirebon. Lieur nya?! Sindangkasih Ciamis tadinya bernama Galunggung, berubah jadi Kaumbulan Sindangkasih, salahs atu tokohnya Ki Somahita (Ki Umbul Sindangkasih). Tah jadi dongen teh pabaliut, da loba teuing Sindangkasih.

  7. Oh y pak, mau tanya jg niy, sbnarnya nyi rambut kasih ni anaknya prabu siliwangi ato permaisurinya? Krna ada sumber yg bilang bhwa dia adalah istri prabu siliwangi, tp ada jg sumber yg bilang nyi rambut kasih tu anaknya, jd bingung (-.-‘)

    • Nhay (Nyi) Ambet Kasih anaknya Ki Gedhe ing (Gedheng) Sindangkasih (sekarang dilayah Beber Cirebon) yang diperistri “Pangeran Pajajaran” yang kelak jadi raja Pajajaran.

  8. Tpi di jwbn coment yg di atas bpak mnjawb prtanyaan pak cepi, bapak menyebutkan sindangkasih jg musnah seiring ngahyangnya nyi rambut kasih (jd g bs dsbut jd wilayah smd), Jd mana yg btul pak? Nyi rambut kasih sja yg ngahyang ato dgn daerahnya? Klo dgn daerahnya, brarti sindangkasih jg g bs jd wilayah cirebon (krna dicoment sblmnya bpak menyebutkan dgn ngahyang jg g bs jd wilayah smd). Oh y pak blik lg ke crita sindangkasih (majalengka), ktika sya cri sjarah tntang penamaan daerah sukaraja (dkt jatiwangi) di majalengka, sya dpat kterangan bhwa nama tu diberikan oleh sultan cirebon skitar thn 1601-an (sblmnya brnama pedukuhan jatilawang/pedukuhan tegallega), nah ktanya knpa pmberian nama sukaraja oleh sultan cirebon tu dilakukan thn 1601-an ?? Dri sumber tsb menyebutkan bhwa pada masa thn 1570 M-an majalengka msh wilayah pajajaran & pda thn 1579 M kekuasaan pajajarn tsb dbrikan pda smd larang, nah bru pda thn 1600-1601lah sindangkasih beralih tangan kepada cirebon sbg ganti talak harisbaya, itu alasannya katanya knpa thn 1601 pmbrian nama tu. Nah, kan jd nyambung lg? Jd yg mana yg btul? Krena disumber lain majalengka ditaklukan oleh pangeran Muhammad dri cirebon *sprti sumber2 yg bpak kemukakan jg. Yuk mari puyeng brsama (T.T)

    • Yang hilang itu kan “majae” (“majae langka”), bukan derah Sindangkasih. Lha, kalau daerah Sindangkasih hilang …………..? Hehehehe, kiamat atuh! Yng banyak disebut dalam babad itu “datang ka rajagaluh, eleh rajagaluh/datang ka talaga, eleh talaga. Itu padatakluk ke “selam” (Islam Cirebon) tahun 1528 dan 1530. Suka-suka dikatakan benteng pertahanan terakhir Galuh, yaitu Talaga, takluk ke Cirebon (1530). Jadi, Sindangkasih punya siapa? Menurut candrasangkala lenyapnya ratu Sindangkasih dan buah maja “sindang kasih sugih mukti” (1428 Saka = 1490 M), Sindangkasih “pindah tangan” ke Pangeran Muhammad dari Cirebon itu tahun 1490. Makanya dah kubilangi aneh, Sindangkasih takluk dulu, Rajagaluh belum. Memang tidak melewati Rajagaluh? Padahal Rajagaluh wilayah Galuh-Pajajaran, mestinya Sindangkasih juga. Bayangkan, orang Cirebon kalau mau ke Sindangkasih pasti jalan sungai, turun di Palabuan Sukahaji, sebelah barat Rajagaluh sekarang, hanya beberapa meter saja, perbatasan. Emntah kalau yang diserahkan Sindangkasih Galunggung (orang Cirebon menyebutnya Sekace). Silakan baca SEJARAH MAJALENGKA, wilayah Karesidenen Cirebon masa Daendels itu sampai Galuh Ciamis. Pabaliut, karena ada Sindangkasih Beber (pelabuhan Sukapura), Sindangkasih Majalengka (di peta Belanda memang ada, dan nantinya jadi distrik dalam Kabuopaten Maja), dan Sindangkasih Galunggung (Kaumbulan Sindangkasih pimpinan Ki Somahita yang lalu menjadi “bupati” Parakan Muncang Cicalengka). Dalam babad Sumedang tidak pernah disebut-sebut Sindangkasih Majalengka (kecuali dalam “tafsiran” orang-orang anyar yang suka menuliskan Sindangkasih dalam kurung Majalengka) sebagai wilayah Sumedang/Pajajaran baru. Tidak tahu bahwa “orang Cirebon” tidak kenal Sindangkasih, kenalnya Sekace (Galunggung). Itu kata babad Sumedang juga.
      STOP: Disebut Sindangkasih musnah teh pan ganti nama jadi Majalengka ku sabab-musabab “majae langka” tea. Lain tanahna atau wilayahnya yang musnah. Pajajaran sekarang sudah musnah, kan? Ganti Jawa Barat. Hehehehe….. Artinya, kalau Sindangkasih sudah jadi bagian Cirebon (dipimpin oleh Pangeran Muhammad yang menurunkan Pangeran Santri “raja Sumedang” kemudian), kenapa jadi pabaliut antara Sumedang dan Cirebon?

  9. Wios ah pabaliut jg pak krena pngen mncari kepastian n kbenaran sjarah hehe, te2p masih penasaran. Lain dngan talaga n rajagaluh, sindangkasih ni asa rada pbaliut, kya dibumbui mitos jg (pdhl Qt pen sjrah yg sbnrnya), n sbg sbuah krjaan knpa tdk trcritakan bhw sindangkasih pnya hub bilateral dgn krjaan anu anu anu, critanya hnya dgn cirebon z itupun critanya bkn hbungan tp penaklukan (itu yg sya tmukan), n krajaan hilang ko malah dbilang sugih mukti? N yg jd crita n diributkan malah buah maja, Apa wong grage/orang sindangkasih saat tu g mkir gmanna gt? Untuk mnandai pristiwa sjarah tu, ko yg dpikir malah buah maja? Bkn ratu/krajaannya bwt jd tanda/mngenang nama kjadian sjarah tu?
    Ada jg buku karangan orang cirebon brnama Unang Sunardjo trbitan thn 1983 yg mncritakan tntang krajaan cirebon, yg di dlmnya jg mncritakan krajaan sindangkasih, dcrtakan bhwa krjaan sindangkasih ktanya bkn ada di mjalengka tp di beber cirebon sbg nagari surantaka pimpinan ki gedheng sedhang kasih (sprti yg bpak bilang bnyak sindangkasih, n di buku tu sindangkasih di kec beber lah ktanya t4 krajaan sindangkasih yg sbnarnya). Nah, bnyak pndapat kan, mkin susah dpt sjarah yg pasti n asli…mkin penasaran nih pak

  10. ass. wa! manawi gaduh silsilah eyang rangga najakusumah ( bupati parakanmuncang VII) diantos infona.

  11. Pingback: Gunung Pelana Kuda (1) | note.sejarah.mws

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s