SUMPAH PALAPA: SUMPAH MEMPERSATUKAN, ATAU SUMPAH PENJAJAHAN?

Tatang M. Amirin, 28 Oktober 2010

Namanya juga “kontroversi,” biarlah ini menjadi kontroversi, biar ada yang “selalu berpikir” dan “mengkaji dengan jernih.”  Jangan emosional, lapang dadalah. Jangan anggap saya anti Gadjah Mada dan Majapahit karena saya orang Sunda (walau beristri Jawa: Siapa bilang orang Sunda anti orang Jawa!). Baca dalam tulisan lain, saya menggunakan kata “Perang Bubat (kalau ini memang benar pernah ada)”. Kenapa? Karena Perang Bubat masih jadi kontroversi. Seperti ditulis lain oleh Aan Merdeka Permana, yang orang Sunda, kendati novel fiksi. Bukan Gadjah Mada yang bersalah, katanya!

Ada apa gerangan dengan sumpah Palapa sehingga judul tulisan ini saya tulis seperti itu? Nah, mari simak isi Sumpah Palapa itu dari beberapa tulisan (karena tulisan dan terjemahannya ada macam-macam), sekaligus beberapa bahasan tentangnya. Lihat, ada yang menarik untuk disimak dengan jernih.

Sebelum lanjut, kata “palapa” itu ada yang mengartikannya sebagai istirahat (pensiun, lengser jabatan), ada yang menyatakannya sebagai puasa. Ada yang mencobadekatkan kata palapa dengan “plapah” (tempat orang jualan bumbu dapur–ada di salah satu los pasar Tulungagung). Jadi, palapa itu artinya bumbu dapur. “Tan ayun amuktia palapa” itu artinya tak akan makan bumbu dapur. Jadi, makan nasi tanpa bumbu-bumbuan. Itu sama makna dengan “puasa mutih.”

Nah, ini nukilan apa yang disebut di atas dari “Javanism” dalam bahasa Jawa.

Tembung amukti palapa dening Mr. M. Yamin ditegesi ngaso utawa istirahat (pensiun?). Sajak-sajake para ahli sejarah durung sapanemu ngenani tegese palapa utawa “amukti palapa”. Ana tembung Jawa sing cedhak banget karo tembung palapa, yaiku tembung “plapah”. Manut bausastra W.J.S. Poerwadarminta 1939 plapah ditegesi (enggon-enggonan) bumbu olah-olahan = bumbu pawon.

Enggon-enggonan mau sajake kalebu Tulungagung. Awit ing Pasar Wage Tulungagung ana bango (los) sing ditulisi “plapah”. Tegese bango mau kanggo wong dodolan plapah. Kamangka nyatane los mau kanggo wong dodolan bumbu olah-olahan. Dudutanku “amukti palapa” daktegesi dhahar dhaharan sing nganggo bumbu. Dadi sasuwene Nusantara durung manunggal karo Majapahit, Gajah Mada ora dhahar dhaharan sing dibumboni.

Ing bebrayan Jawa tirakat utawa riyalat kaya ngono kuwi jenenge pasa mutih. Yaiku mung dhahar sega putih, ora nganggo lawuh sing dibumboni. Nalika kelakon Nusantara wis nyawiji karo Majapahit, Gajah Mada mesthine ya leren anggone pasa mutih.

Dan ini ada gambar yang dijuduli “plapa.” Entah benar entah tidak, entah terkait dengan palapa atau plapah ataukah tidak, tidak tahu. Gambar itu gambar apa juga tidak jelas. Judul tepatnya “PlapaO” yang buat Nearctica.com,Inc.


Sumpah Palapa (Wikipedia)

Sumpah Palapa adalah suatu pernyataan/sumpah yang dikemukakan oleh Gajah Mada pada upacara pengangkatannya menjadi Patih Amangkubhumi Majapahit, tahun 1258 Saka (1336 M).

Sumpah Palapa ini ditemukan pada teks Jawa Pertengahan Pararaton, yang berbunyi (yang dicetak tebal dari Pengutip),

Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”.

Terjemahannya,

Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa”.

Dari isi naskah ini dapat diketahui bahwa pada masa diangkatnya Gajah Mada, sebagian wilayah Nusantara yang disebutkan pada sumpahnya belum dikuasai Majapahit.

Arti nama-nama tempat: Gurun = Nusa Penida; Seran = Seram; Tañjung Pura = Kerajaan Tanjungpura, Ketapang, Kalimantan Barat; Haru = Sumatra Utara (ada kemungkinan merujuk kepada Karo); Pahang = Pahang di Semenanjung Melayu; Dompo = sebuah daerah di pulau Sumbawa; Bali = Bali; Sunda = Kerajaan Sunda; Palembang = Palembang atau Sriwijaya; Tumasik = Singapura.

Berikut Sumpah Palapa menurut opini Aziz Miring (17 M ei 2010)

Gadjah Mada, Sumpah Palapa Membawa Petaka

[Disebut membawa petaka karena lalu “harus terjadi Perang Bubat” yang merusak citra Hayam Wuruk dan Gajah Mada sendiri serta Majapahit. Bahasan khasnya ada di bawah, sudah diperbaiki ejaannya, dan dalam bahasan tesebut hal yang penting Pengutip cetak tebal.]

Sira Gadjah Mada paptih amangkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gadjah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, Ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa.”

(Gadjah Mada sang Mahapatih tak akan menikmati palapa, berkata Gadjah Mada, “selama aku belum menyatukan nusantara, aku takkan menikmati palapa, sebelum aku menaklukan Pulau Gurun, Pulau Seram, Tanjungpura, Pulau Haru, Pahang, Dompu, Pulau Bali, Sunda, Palembang, dan Tumasik, aku takkan mencicipi palapa)

Menurut anda apa yang terlintas dalam pikiran dan bayangan anda ketika membaca sumpah Mahapatih Gadjah Mada itu? Apakah anda berfikir tentang sumpah untuk mempersatukan atau sumpah untuk menaklukan? Apakah itu sumpah pemersatu atau sumpah penjajah?

Kita selalu diajarkan bahwa Sumpah Palapa adalah sebuah sumpah lambang pemersatu, tapi pernahkah kita berfikir bahwa sumpah itu adalah sumpah ketamakan untuk menguasai negara (baca : kerajaan) lain untuk berada di bawah kekuasaan Majapahit? Semua tafsir itu saya serahkan kepada anda.

Dan akibat tidak langsung dari sumpah ini adalah tidak adanya nama jalan atau tempat bertuliskan Gadjah Mada atau Hayam Wuruk [di Jawa Barat–Pengutip].

Menarik, kan. Nah tulisan berikut nukilan dari “Budaya Nusantara.” [Juga yang penting disalin dengan cetak tebal]. Paparannya, redaksional, (maaf) agak kacau balau karena logika berpikirnya juga (sekali lagi, maaf) agak amburadul. Akan tetapi isinya tetap harus dihargai, sebagai sebuah opini. Yang “agak amburadul” saya beri tanda dengan menulismiringkannya.

Memaknai Sumpah Palapa Gajah Mada

October 11, 2009

Serat Pararaton yang memuat naskah Sumpah Palapa sebenarnya tak secara eksplisit menyebutkan teks itu sebagai sebuah sumpah, dan tak ada satu pun kata dalam serat tersebut yang mencantumkan kata sumpah di dalamnya. Akan tetapi bila dilihat dari makna [isi] teks yang terkandung di dalamnya, jika dihubungkan  dengan [mengacu] Kamus Besar Bahasa Indonesia tentang arti sumpah (halaman 973) yang berbunyi, “Sumpah adalah : (1) pernyataan yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Tuhan atau kepada sesuatu yang dianggap suci (untuk menguatkan kebenaran dan kesungguhannya dsb.); (2) pernyataan disertai tekad melakukan sesuatu untuk menguatkan kebenarannya atau berani menderita sesuatu kalau pernyataan itu tidak benar; (3) janji atau ikrar yang teguh (akan menunaikan sesuatu), maka teks mengenai ucapan Gajah Mada yang terdapat dalam Serat Pararaton [itu akan termasuk kategori sumpah. Ucapan Gajah Mada itu (yang)] berbunyi :

Sira Gajah Mada patih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada : “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring ahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”.

Terjemahannya adalah :

Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa(nya). Beliau Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru) melepaskan puasa, jika (berhasil) mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru) melepaskan puasa (saya)”.

[Uapan Gajah Mada] Itu jelas sekali sebagai sebuah sumpah, [setidaknya] jika [parameter yang digunakan adalah buku] [mengacu pada rumusan sumpah menurut] Kamus Besar Bahasa Indonesia di atas. Maka jelaslah sekarang jika teks dalam Serat Pararaton itu bisa dikategorikan sebagai sebuah sumpah karena [sesuai dengan] ketiga pengertian [sumpah] tersebut di atas, baik secara sendiri-sendiri maupun secara keseluruhan [dapat dipakai dalam konteks pengertian sumpah].

Sebuah ungkapan, apalagi sebuah sumpah, kalau dikaji benar-benar menawarkan bentuk, isi, nilai, ideologi, dan enerji. Dari sisi bentuk Sumpah Palapa adalah prosa. Sedangkan isinya mengandung pernyataan suci kepada Tuhan Yang Maha Esa yang diucapkan oleh Gajah Mada di hadapan ratu Majapahit Tribuwana Tunggadewi [Note: Hayam Wuruk dilahirkan tahun 1334. Peristiwa kelahirannya diawali dengan gempa bumi di Pabanyu Pindah–“pabanyu pindah” dapat berarti sungai besar berpindah aliran ke sisi lain, karena ada timbunan lahar yang baanyak–Pengtp.– dan meletusnya Gunung Kelud. Pada tahun itu pula Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa] dengan disaksikan oleh para menteri dan pejabat-pejabat lainnya, yang substansinya Gajah Mada baru mau melepaskan (menghentikan) puasanya apabila telah terkuasai Nusantara. Sayangnya tidak diterangkan di dalam teks tersebut tentang jenis puasa dan berapa lama pelaksanaan puasanya itu (keterangan tentang terjemahan amukti palapa, lihat Budya Pradipta, 2003).

Dari sisi nilai Sumpah Palapa mengandung pelbagai nilai : nilai kesatuan dan persatuan wilayah Nusantara, nilai historis, nilai keberanian, nilai percaya diri, nilai rasa memiliki kerajaan Majapahit yang besar dan berwibawa, nilai geopolitik, nilai sosial budaya, nilai filsafat, dsb. [?–Pen.]

Dari sisi ideologi, Sumpah Palapa yang juga dikenal sebagai Sumpah Gajah Mada atau Sumpah Nusantara […..]. Sumpah Palapa memiliki ideologi kebineka tunggal ikaan, artinya menuju pada ketunggalan keyakinan, ketunggalan ide, ketunggalan senasib dan sepenanggungan, dan ketunggalan ideologi, akan tetapi tetap diberi ruang gerak kemerdekaan budaya bagi wilayah-wilayah negeri se Nusantara dalam mengembangkan kebahagiaan dan kesejahteraannya masing-masing.[?–dari “teks” yang mana simpulan ini dibuat,  Pengutip tidak paham!]

Dari sisi enerji Sumpah Palapa dianugerahi enerji Ketuhanan Yang Maha Dasyat [?–Pengtp] karena tanpa enerji tersebut tak mungkin Gajah Mada berani mencanangkan sumpah tersebut.

Sumpah Palapa akan menjadi sangat menarik lagi apabila dikaji dengan pendekatan komunikasi. Pertanyaan-pertanyaan seperti : Kepada siapa Sumpah Palapa diucapkan, dalam lingkungan apa (situasi, kondisi, iklim, dan suasana) Sumpah Palapa dicanangkan, dengan sasaran apa dan siapa Sumpah Palapa dideklarasikan, mengapa atau apa perlunya Gajah Mada mengumumkan Sumpah Palapa, dan manfaat apa yang mau dicapai adalah pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab secara seksama. Betapapun Sumpah Gajah Mada itu kontekstual [?–Pengtp]. Tidak semua pertanyaan-pertanyaan tersebut akan di jawab di sini, namun pertanyaan manfaat apa yang mau dicapai, kiranya perlu dijawab sekarang dengan lebih cermat.

Menurut pemahaman saya Gajah Mada mempunyai kesadaran penuh tentang kenegaraan dan batas-batas wilayah kerajaan Majapahit, mengingat Nusantara berada sebagai negara kepulauan yang diapit oleh dua samudra besar yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, di samping diapit-apit oleh lautan Cina Selatan dan Lautan Indonesia (Segoro Kidul)[Nanti ada pemaknaan lain–Pengtp]. Dari kesadaran yang tinggi terhadap keberadaan Nusantara, Gajah Mada meletakkan dasar-dasar negara yang kokoh, sebagaimana terungkap dalam perundang-undangan Majapahit (Slamet Mulyana, 1965 : 56 – 70; 1979 : 182 – 213).

Uraian singkat tersebut dimaksudkan untuk memberi gambaran bahwa kerajaan Majapahit khususnya ketika berada dalam peng[kek]uasaan Gajah Mada telah berorientasi jauh ke depan, kalau istilah sekarang mempersiapkan diri sebagai negara yang modern, kuat, dan tangguh.

Dari beberapa pengertian diatas maka tak berlebihan kiranya jika sumpah/amukti palapa itu memiliki dimensi spiritual artinya tidak main-main. Oleh sebab itu tidak berlebihan, apabila dikatakan bahwa Sumpah Palapa itu sakral.

Terakhir (sebelum nanti ada tulisan lain yang layak dinukil), ini bahasan Baban Sarbana. Ada yang sengaja disalin cetak miring, karena rasanya logikanya agak membingungkan.

Sumpah Pemuda dan Sumpah Palapa: Dua Mimpi Beda Aksi

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Indonesia tidak bisa lepas dari sejarah kejayaan kerajaan-kerajaan—mulai dari Sriwijaya, Majapahit, Kutai, Pajajaran, dan kerajaan lainnya. Buktinya nama-nama kerajaan tersebut menjadi nama yang sampai saat ini menjadi nama-nama yang melegenda dan biasanya mewakili kebesaran sejarahnya itu sendiri. Palembang dikenal dengan bumi Sriwijaya, Sunda dikenal dengan nama bumi Pajajaran atau bumi Parahyangan.

Apa yang istimewa dengan kerajaan tersebut? Selain sebagai pusat kekuasaan dan pusat ilmu, kerajaan-kerajaan tersebut juga mewariskan spirit. Anda pasti tidak lupa dengan siapa itu Mahapatih Gajahmada yang popularitasnya bisa jadi lebih besar dari rajanya sendiri—Hayam Wuruk. Bukan karena posisinya, tapi lebih karena statemennya yang kemudian diwujudkan dengan kekuatan. Statemen yang sangat terkenal hingga saat ini adalah Sumpah Palapa; sumpah yang ditekadkan untuk mempersatukan nusantara.

Sumpah Palapa adalah suatu pernyataan/sumpah yang dikemukakan oleh Gajah Mada pada upacara pengangkatannya menjadi Patih Amangkubhumi Majapahit tahun 1336 M. Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa”. Hasilnya, jika menapaktilasi jejak Sumpah Palapa, maka Indonesia saat ini adalah sebagian dari nusantara yang dicita-citakan dalam Sumpah Palapa [Cetak tebal dari pengutip].

Tahun 1928, sekumpulan pemuda dari berbagai daerah, suku, berkumpul, menyatukan tekad bersatu untuk Indonesia. Semangat ke-Indonesia-an menyeruak dalam sanubari anak muda yang jika dikonversi [?–Pengtp] dengan usia anak muda saat ini, mungkin banyak juga yang sering dan suka berkumpul, bukan demi semangat kebangsaan, tapi lebih karena semangat ke-muda-an.

Para pemuda juga menghasilkan hal yang sama, yaitu Sumpah Pemuda: satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa. Pertama.Kami poetera dan poeteri indonesia mengakoe bertoempah-darah jang satoe, tanah indonesia. Kedoea.Kami poetera dan poeteri indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa indonesia. Ketiga.Kami poetera dan poeteri indonesia mendjoendjoeng bahasa persatuan, bahasa indonesia.

Sumpah ini tidak main-main. Karena dihasilkan dari dorongan semangat ke-Indonesia-an. Dari forum yang walaupun belum menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia, semangat ke-Indonesia-an sudah mendominasi. Lahir para pemikir dan pemikiran yang menjadi dasar keberadaan Indonesia seperti sekarang ini. Bahkan lagu Indonesia Raya yang diperkenalkan dengan biola oleh personel The Black White Jazz Band, WR Supratman pun abadi hingga saat ini sebagai lagu kebangsaan.

Dua sumpah ini—Sumpah Palapa dan Sumpah Pemuda—adalah dua tekad untuk membuat Indonesia  menjadi satu. Dua sumpah ini adalah dua mimpi yang dieksekusi dengan cara yang berbeda. Sumpah Palapa dikumandangkan ketika Mahapatih Gajah Mada memegang jabatan politik. Tentu saja Sumpah Palapa tak lepas dari kerangka niat untuk menjadikan Nusantara Satu dengan ambisi politik yang kental, karena satunya Nusantara dalam rangka menguatkan kekuasaan.

Semangat Sumpah Palapa adalah semangat sentralisasi, bagaimana menjadikan kerajaan Majapahit sebagai sentra kekuasaan di Nusantara. Semangat yang kemudian bisa jadi adalah nama lain dari sentralisasi. Mahapatih Gajah Mada bertekad mempersatukan nusantara dan menjadikan Majapahit sebagai porosnya.

Dalam konteks saat ini, semangat sentralisasi justru menjadi bagian yang membuat bangsa ini sulit bersatu. Ketidakinginan untuk dikuasai, diatur, dikendalikan adalah keinginan yang lumrah dan alamiah dalam konteks membangun kemandirian. Semangat sentralisasi bertentangan dengan otonomi daerah, dengan kendali utama  ada pada pemerintahan di tingkat daerah.

Sumpah Pemuda dikerangkai oleh niat untuk menjadikan Indonesia Satu tak dimulai dengan kekuasaan, tapi rasa ke-satu-an yang diliputi cinta, yaitu cinta tanah air, cinta bangsa dan cinta bahasa.

Semangat Sumpah Pemuda adalah semangat konvergen, datang dan bersatu karena dikendalikan oleh keyakinan bahwa keberadaan para pemuda di tanah air yang berbeda, di satu titik menemukan kesamaan, sebagai bangsa yang sama dan berkomunikasi dengan bahasa yang sama, tentu sudah Tuhan takdirkan untuk membawa Indonesia menjadi negara yang harmoni; negara yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

Sumpah Pemuda pasti lahir dari kesadaran akan keragaman dan keyakinan dari kekuatan harmoni. Keragaman yang dikelola dengan baik, diikat dengan sebuah sumpah, akan menghasilkan Indonesia Satu yang berbhineka namun mencapai kejayaan sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemuda selalu menjadi lokomotif sejarah. Sumpah Pemuda adalah kontrol sosial terhadap Sumpah Palapa. Kekuasaan harus senantiasa diliputi oleh semangat Bhineka Tunggal Ika. Sekali semangat harmoni dalam keragaman itu retak, maka perlu perjuangan kembali untuk merekatkannya. Salam Bhineka Tunggal Ika

Baban Sarbana (Pendiri Youth Strategic Leadership Foundation)  Sumber <http://sejarah.kompasiana.com/2010/10/28/sumpah-pemuda-dan-sumpahpalapa-dua-mimpi-beda-aksi/>  Peserta kongres yg melahirkan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.

Nah, lepas dari berbagai logika yang agak sulit dipahami, yang patut dicatat adalah bahwa di satu sisi ada yang mengagungkan sepenuhnya Sumpah Palapa sebagai tekad mempersatukan nusantara dengan penuh kedamaian dan persaudaran, di satu sisi ada yang menilainya bukan tekad mempersatukan, melainkan tekad menguasai (menjajah). Agak lebih halus (walau mungkin tak paham sepenuhnya akan maknanya) Sumpah Palapa dinyatakan sebagai “tekad sentralisasi.”

Kenapa bisa terjadi “kontroversi”? Karena teks Sumpah Palapa itu sendiri menyatakan: Lamun huwus kalah . . . Kalau sudah kalah …, sudah takluk. Bukan kata seperti “lamun huwus manunggal,” bersatu bersama-sama dalam kesetaraan derajat dan kekuasaan. Dan konsep persatuan itu tidak ada dalam wawasan ketatanegaraan Gajah Mada, yang ada hanya konsep penyatuan.

Istilah nusantara [“Lamun huwus kalah nusantara . . . “] dalam bahasa Gajah Mada bukan negara kesatuan Indonesia (belum terbayangkan olehnya). Nusantara adalah semua nusa (“ring,”(?)  pulau, daratan, dan negara-negara yang ada di dalamnya) yang dipisahkan oleh berbagai laut dari Majapahit. Ini otomatis mencakup yang ada di nusa Jawadwipa, yaitu Sunda. Oleh karenanya pula mencakup negara-negara di Semenanjung Malaya (Tumasik Singapura dan Pahang). Menurut Maharsi (Kamus Jawa Kawi Indonesia) nusantara itu artinya “pulau-pulau yang lain.” Jadi, di kepala Gajah Mada tidak ada konsep nusantara sebagai negara kesatuan (Indonesia). Yang ada di kepalanya mengalahkan (menaklukkan) nusantara, pulau-pulau yang lain (selain Jawa, tempatnya dan Majapahit berada).

Mengalahkan, tentu saja tidak sama dengan mempersatukan. Itulah yang dimaksud dua bahasan “kontroversial” di muka, kendati berbeda menyebutkan. Aziz Miring  tegas-tegas mengatakan menguasai, menaklukkan (semangat penjajahan), sementara Baban hanya menyebutkan semangat “sentralisasi” (Sumpah Palapa) yang berbeda jauh dari “desentralisasi” (Sumpah Pemuda), kendati tentu dua istilah yang kurang tepat digunakan).

Jadi, Sumpah Pemuda itulah sebenar-benarnya benar sebagai suatu tekad semangat persatuan, bukan Sumpah Palapa. Sumpah Palapa adalah tekad dan semangat besar penjajahan!

Tulisan “Sumpah Palapa Membawa Petaka” pada intinya menggugat tekad dan semangat penjajahan nusantara (pulau-pulau yang lain selain Jawa) yang menghalalkan segala cara. Termasuk (jika benar ada) Perang Bubat.

Walaupun tidak sepenuhnya Kitab  Pararaton dipercaya oleh para ahli sejarah, “Forum Murtadin Indonesia” menukil bagian kecil dari Pararaton, yang justru kontraproduktif dengan “gagasannya untuk kembali ke “jadoel.” Forum ini mengaku sendiri dengan tegas “anti Arabisasi Indonesia” (alias anti Islam–dan terang-terangan “menghujat” Islam—harap tidak ditanggapi secara emosional oleh Umat Islam) dan mengagung-agungkan “nusantara jadoel.” Forum ini dengan tegas menyatakan bahwa:

Hanya dengan kekuatan Ketuhanan Yang Maha Esa yang bersemayam pada manusia-manusia Indonesia yang mengerti, Indonesia akan terhindar dari calon giliran sasaran tembak kekuatan-kekuatan asing [cetak tebal dari Pengutip–ada tendensi di dalamnya; baca: Arab, alias Islam] yang berbahaya. Dalam rangka mencari pencerahan inilah kita perlu merenung melalui naskah-naskah kuno yang mampu menjadi perekat atau semen bagi bangsa-bangsa di Nusantara (ini “jadoel” yang saya maksud–Pengtp). Apa kata Forum “Kaum Murtad Indonesia” ini? Begini.

“Di jaman Majapahit perekat bangsa-bangsa di Nusantara sudah ada, yaitu berupa Sumpah Palapa, sebuah sumpah yang diucapkan oleh Gajah Mada ketika ia mendapatkan kehormatan di wisuda menjadi Patih Amangkubhumi, tahun 1336 Masehi. Sumpah Palapa intinya adalah mengusahakan kesatuan dan persatuan Nusantara (cetak tebal dari Pengutip). Bahasa sekarang: Negara Kesatuan Republik Indonesia/NKRI.”

Forum Kaum Murtad (walau mungkin yang nulis cuma satu orang) mencoba mengangkat derajat Sumpah Palapa melebihi segala macam ajaran asing, termasuk Islam, Kristen, Katolik (yang datang kemudian setelah Hindu-Budha) setinggi-tingginya sebagai “ajaran” persatuan dan kesatuan NKRI yan sakral. Tapi . . .

Dari Pararaton, Forum ini mengutip, dengan pendahuluan, seperti di bawah ini.

Jangan dikira bahwa ketika Sumpah Palapa dicanangkan tidak ada tantangan dari orang-orang sekitarnya. Perhatikan kalimat berikutnya, seperti dikutib dari teks Serat Pararaton (cetak miring dari Pengutip):

Sira sang mantri samalungguh ring panangkilan pepek. Sira Kembar apameleh, ring sira Gajah mada, anuli ingumanuman, sira Banyak kang amuluhi milu apameleh, sira Jabung Terewes, sira Lembu Peteng gumuyu. Tumurun sira Gajah mada matur ing talampakan bhatara ring Koripan, runtik sira katadahan kabuluhan denira arya Tadah. Akweh dosanira Kembar, sira Warak ingilangaken, tan ucapen sira Kembar, sami mati.

Terjemahannya adalah :

Mereka para menteri duduk di paseban lengkap. Ia Kembar mengemukakan hal-hal tidak baik kepada Gajah Mada, kemudian ia (Gajah Mada) dimaki-maki, Banyak yang menjadi penengah (malah ikut) menyampaikan hal-hal yang tidak baik, Jabung Tarewes mengomel, sedang Lembu Peteng tertawa. Turunlah Gajah Mada dan menghaturkan kata-kata di telapak bathara Koripan, marah dia mendapatkan celaan dari Arya Tadah. Banyak dosa Kembar, Warak dilenyapkan, demikian pula Kembar, mereka semua mati (cetak tebal dari Pengutip).

Belum-belum Gajah Mada sudah tidak demokratis, tak mau dicela. Semua pencelanya, semua yang menertawakannya (para “mantri” yang lengkap hadir mengikuti sumpahnya), dibunuh mati. Sekali lagi, kalau Pararaton benar, dan (karena saya tak paham penuh bahasa Jawa Pertengahan–Jawa modern pun masih “tertatih-tatih”) juga jika penerjemahan teks Jawa Pertengahan itu benar, dan “tangkapan” saya pada yang dicetak tebal pun benar.

Pejabat Kerajaan dari Majapahit sendiri pun dibunuh, apalagi raja-raja negara lain. Membangkang, tak mau “seba upeti” (tanda tunduk kepada Majapahit), dihabisi. Itu jelas bukan tekad dan semangat mempersatukan. Itu semangat dan tekad penaklukan, penjajahan! Apakah yang seperti ini mau diagung-agungkan? Jangan cekoki anak bangsa ini dengan doktrin yang salah, seperti dilakukan Orde Baru. Gajah Mada sudah tidak cocok dengan sila ketiga Pancasila, lebih-lebih dengan sila kedua dan pertama. Seagama pun (Hindu-Budha) mau dikalahkan alias ditaklukkannya. Ingat, Islam dan Kristen dan Katolik sama sekali belum memunculkan kerajaan apapun di Indonesia di ketika itu!

Sumangga. Sekali lagi, kontroversi itu mengandung manfaat besar, jika disikapi dengan lapang dada dan dipikir dengan bijak. Termasuk menyikapi orang yang “anti Islam” untuk mengajak  kembali ke “agama leluhur” seperti yang ada di ” Sunda”  yang mau mengajak kembali ke agama Sunda Wiwitan (sebelum Hindu dan Budha juga), dengan dalih kembali ke aslinya asli Urang Sunda, “ngamumule kasundaan aslina sunda” (“nguri-uri budaya adiluhung” yang diplesetkan). Biarkan saja, tak kan ada pengaruh yang signifikan. ***

36 thoughts on “SUMPAH PALAPA: SUMPAH MEMPERSATUKAN, ATAU SUMPAH PENJAJAHAN?

    • Wah, jangan ikut-ikutan jaman Pajajaran yang konon katanya itu semacam negera serikat. Di dalamnya ada negara-negara kecil-kecil yang relatif mandiri, tetapi tetap mengakui Pajajaran atau Galuh sebagai induknya. Ikuti Sumpah Pemuda, itu “sumpah” kesatuan. Tampaknya akan lebih baik, daripada bentuk serikat yang mungkin agak repot, karena warga Indonesia ternyata belum “matang” bernegara kesatuan. Dengan desentralisasi saja ada yang merasa sebagai “daerah mandiri” yang rada-rada “ekslusif.” Apa-apa harus orang daerah dan putra daerah, “turunan asli.” Ini agak repot, jauh dari “bhinneka tunggal ika,” kan!

      • Sumpah palapa adalah tonggak nusantara awal dari terbentuknx neg indonesia.NkRi..cikal bakal dgn tekat seorang maha patih dalam pengabdianx sbg patih..beliau neesumpah ayau berjanji akan menundukan semua kerajaan d bumi nusantara untuk d satukan dalam satu kepimpinan..agar semakin kuat dan bersatu berdaulat dan makmur yg merata..hingga brjalan waktu smkin jelas ksadaran semua pemuda seluruh pnjuru mndeklarasikan sempah pemuda.dgn berazaskan pancasila dgn simbolis bineka tunggal ika yg trgenggam di kaki burung garuda..cengkram kaki garuda ituu kuat..agar kita bisa prtahankan bhineka tunggaleka itu..karena indonesia ada kara keragaman suku biya agam bgsa bahasa seni.adat dll
        Jd ibarat kata indonesia bagaikan seekor macan…kepala d jawa badan d kalimantan kaki di bali ntb ntt ekor d sulawwsi dan irian jaya…smua saling bersinergi behubungan…jd jgn di pisahkan..kalau pingin indonesia tetap jadi macan asia..kita sbg penerus harud tetap mnjaga ksatuanx.

  1. Wilujeung tepang kang….. blog anu sae pisan, kaleresan manggihan ieu ulasan2 sajarah nu rada “hot”..heheheheheee….

    Rada nyenggol sakeudik kana tulisan itu yeuh…
    ==> seperti yang ada di ” Sunda” yang mau mengajak kembali ke agama Sunda Wiwitan (sebelum Hindu dan Budha juga), dengan dalih kembali ke aslinya asli Urang Sunda, “ngamumule kasundaan aslina sunda” (“nguri-uri budaya adiluhung” yang diplesetkan). <==

    Eta teh leureus pisan, tiasa di tingali di FB, aya sakumpulan jalmi nu "mengatas namakan" urang sunda nu pang nyunda na….. ari ujung2 na mah geuningan teh gede wadul sareng gede bohong….. ongkoh ngamumule kebudayaan sunda….tapi geuningan eusina mah…. ngahujat islam bari ngajak ka salah sahiji agama …… asa hoyong "neke" ka jalmi nu kitu teh kang…pikaseubeulan pisan..sareng deui meni pikareuseupeun PEUREUP…heheheheheee

    • Ud’u ilaa sabiili rabbika bil-hikmati wa mauizhatil-hasanah, wa jaadilhum bil-latii hiya ahsan [Geura arajak marenahena teh ka jalan (agama) Allah nu eusina bebener (hikmah, kebajikan, kebenaran sejati) bari make cara-cara (didikan) nu hade, lamun kudu “ngadu bako” jeung maranehna, pek pake cara dialog nu panghade-hadena]. Hehehe…

  2. Ass. wr.wb Pa Tatang yang terhormat, saya merasa terkejut dengan penggalan terakhir artikel Bapa yang menyatakan, bahwa orang Sunda yang peduli (haat ngamumule) budayanya yaitu budaya Sunda ( Sejarah, Seni, dan Bahasanya) termasuk kelompok yang akan mengajak kepada Agama Sunda Wiwitan. Dalam hal ini saya sebagai orang Sunda yang tentu NYAAH ka Sunda merasa bahwa bukan bermaksud pindah Agama, karena bagi orang Sunda semenjak kedatangan Islam dan itu merupakan anugrah pikeun urang Sunda untuk mengganti dan mematri keyakinan kepada Alloh Swt. Selai itu kebetulan saya bertugas sebagai guru mata pelajaran Bahasa Sunda berkewajiban kepada anak didik saya harus mikareueus, mikanyaah tur ngamumule bahasa Sunda, karena bahasa Sunda merupakan basa Indung urang Sunda dan itu sudah direkomendasikan di PBB.

    • Ya, kan ada yang ingin ngamumule budaya Sunda teh budaya yang tidak termasuk agama, tapi ada juga yang ngotot ingin urang Sunda tanpa kecuali kudu balik deui ka agama karuhun, dan nu sejenna mah lain asli Sunda, cenah. Marukanana teh ari asli teh asli pisan ….. kaasup urang Sunda teh asli Sunda pisan, teu sakaturunan jeung urang sejennna ………..

  3. Assalamu a’laikum wr.wb….kepada yang terhormat Pa Tatang…sebelumnya saya mohon maaf mengganggu waktu Bapa…heheheee saya mengerti dan faham apa yang dimaksud oleh Bapa, barangkali memang ada sebagian atau sekelompok orang Sunda yang demikian, oleh karena itu saya juga memfilter terhadap hal demikian dan yang dirasakan oleh saya ngamumule Sunda bukan untuk kembali lagi ke keyakinan Agama Karuhun, namun saya nyaah ka Sundanya dalam hal lain yaitu ternyata orang Sunda memiliki sejarahnya sendiri, karena selama ini sejarah nasional yang dipelajari di sekolah-sekolah kebanyakan yang refrensinya banyak adalah dari Jawa, dalam arti saya sendiri pareumeun obor terhadap sejarah tatar Pasundan tentu hal ini didasari dengan tugas saya sebagai pengajar matapel Bahasa Sunda tentu dituntut jembar wawasan dalam hal sejarahnya, karena pada kenyataan banyak materi bacaan Sunda yang berkaitan dengan sejarah, contonya mengenai Perang Bubat yang banyak kontroversinya, seorang guru kan harus bijak dalam menyampaikannya kepada anak didik.

    • Ya, betul. Ulah ngaco ari ngajarkeun sajarah teh, kitu cenah ceuk ahli sajarah. Hehehe……… Saha atuh nu nyebut ari ngamumule basa jeung kabudayaan Sunda teh bari kudu balik ka agama Sunda baheula. Utopia eta mah, atuh! Cik atuh ari balik teh balik ka Adam, geura. Hehehe… Rek masih make cawet tina dangdaunan? Piraku atuh, nya!

  4. Hehehee…atuh Pa Tatang yang terhormat kalau balik lagi ke cawet mah ya teungteuingeun…jaman kan sudah berubah, bagi saya urang Sunda ( tanda kutip bukan keyakinan) sekarang tuh sepertinya sudah luntur terhadap nilai-nilai budayanya contohnya nilai tentang kegotongroyongan yang direplikakan dalam sebuah rumpaka lagu ” Sabilulungan”, pilosofi “silih asah silih asih silih asuh”, merasa gengsi menggunakan bahasa Sunda yang nota bene basa Indung pikeun urang tatar Pasundan, Rempug jukung tos teu eungeuh deui, jrrd. hal eta nu ku sim kuring kabandungan kiwari, manawi kitu…nuuun, hapunten Pangersa sim kuring culangung.

    • Basa Indonesia wae geus kalindih ku basa Inggis, apan. Hehehe.. Sok tingalian nami-nami toko atanapi layanan jasa sanesna, pan ngaranggo basa Inggris. Nami-nami perumahan? Komo! Di Jogja wae aya Merapi View (naha atuh lain Tawang Merapi). Eh, tapi urang Jepang malah make basa Sunda, nya?! Kawas Aki, cenah! Hehehe… Mangga lah atuh nu kabagean kapapancenan mulasara pusaka karuhun! Mugia ginanjar pahala dunia aherat. Amiin.

  5. Assalamu a’laikum … wr.wb … haturan Pangersa nembe tepang deui mugia rahayu, sumuhun pisan eta teh, ti mana lepatna atuh nya muhun dugi ka janten salah kaprah? Kedahna mah urang teh reueus gaduh basa Nasional, atuh di lebetna masing-nasing sekeseler bangsa ngagaduhan basa Indung, tos kedah lipet kareueusna teh sabage bangsa Indonesia teu kedah nguyang ngeunaan basa, da pami numutkeun historikal mah ku naon basa Inggris dijantenkeun basa Internasional, horeng simanahoreng muhun eta balukar tina penjajahan, muhun apanan Inggris mah pangseueurna ngajajah nagara-nagara nu aya di dunya dugi ka saparona, ku kituna gaduh asumsi yen jalmi nu aya di dunya teh ngartos basa Inggris, nya dijantenkeun basa Internasional, manawi kitu nuuun … hapunten ah parantos ngawagel waktos Pangersa … Wass …

    • Hatur nuhun tos kersa rurumpaheun deui ka blog sim kuring. Eh, dupi bahasa internasional mah sanes ku jajah-jumajah, ananging ku seueur sakedikna nu nganggo. Tangtos salah sahijina ku margi penjajahan. Tapi, Amerika sareng Australia aslina sanes dijajah, tapi dimigrasian. Ku kituna basa internasional PBB teh aya bahasa Inggeris, Arab, Perancis, sareng Mandarin. Duka hiji deuina mah hilap (Rusia, kitu?). Hartosna, mangga nganggo eta bahasa internasional na seratan jurnal internasional atanapi di forum PBB. Upami di Asean nganggo basa Indonesia, nya?! Gumantung urang, tiasa henteu tah basa Indonesia teh nyulusup ka mana-mana, sahentue-hentuena di wilayah Asean!

      • Sampurasun.ah…uingmah urang sunda cenah etage.cek bapa jeung indung uing.makanna uing memproklamirkan diri sebagey urang sunda.ngan hanya itu saja nukarasa kuuing.intinamah uing teh urang sundaweh titik.perkara kudu ngmumule budaya atanapi adat istiadat sunda etamah dipasrahkenweh kanu gaduh kapentingan dina urusan ngalestarikeun.uingmah pesen weh kade bertabrakan dengan akidah islam atanapi nyentil ajaran islam.lamun terjadi demikian.saetikge moal moal ngadukung.sabab pegangan hirup uingmah lain budaya. Tapi quran jeung sunah.ngamumule quran jeung sunah.lain hartina uing ngamumule budaya arab….begituuuuuu…..namanya juga kontrapersi..sanes kitu juragan.ngopiiiiii pak

  6. Assalamu alaikum Pangersa … sateuacanna sim kuring neda sihapunten samudaya kalepatan ngalangkungan dinten Ied 1 Syawal 1433 H, Minal Aidzin wal Faidzin …salajengna bade tumaros perihal perang Bubat nu janten kontroversi di antawis urang Sundana oge urang Jawana, manawi kamandang Pangersa kumaha ??? hapunten sim kuring parantos culangung …

    • Upami teu lepat aya seratan aam merdeka permana nu benten versi sareng nu biasa, mung duka di mana ngilarian bukuna, tangtos di bandung nya, di jogja mah moal aya jigana (mun aya mah atuh tangtos tos dipeser ku sim kuring). mangga ka bandung wae atuh. wilujeng boboran siam oge, nuhun agung cukup lumur neda jembar pangaksama samudaya kalepatan

  7. Assalamu alaikum wr. wb. … upami perkawis kamandang Pa Aan Merdeka, sim kuring parantos nyarios ngalangkungan inbox, maksadna teh kamandang Pangersa, wireh sim kuring gaduh versi nu nyarioskeun saleresna putri Pitaloka teh henteu bunuh diri, oge ramana henteu kantos perlaya, sanes hartos aranjeunna ngejat tina campuh galungan, dina kaayaan anu kritis nalika campuh garelut tea, aranjeunna tiasa kasalametkeun, mulih deui ka Galuh mung teu ka karaton …manawi kitu nuuun …Wass …

  8. Assalamu alaikum warrahmatullahi wabarakaatuh !
    Hapunten nembe jol bade tumaros, leres sakumaha nu dipedar dina link blog Pangersa, kiwari teu saalit akun grup di medsos utamina di FB, ngaderes perkawis kaSundaan teh dengdek topi lir nu sapertos uar umajak lebet deui ka Sunda Wiwitan, ah janten fasis tungtungna teh, heheheee …

  9. Pingback: Perspektif Lain Sumpah Palapa – la gagu

  10. Dompo adalah kabupaten dompu NTB dulu blom ada bima dan sumbawa kedua kerajaan itu terbentuk setelah kerajaan dompo dpt dikalahkan oleh majapahit

    • Di dalam sumpah disebut seran diarti jadi seram yang benar mana min karena memang ada kerajaan seran di NTB sama terkenalnya dengan kerajaan Dompu dua duanya di NTB

  11. Orang jawa barat, jawa tengah, tidak akan paham dan tau mendetail arti bahasa jawa timur.. Majapahit termasuk kerajaan terakhir, bahasanya bercampur antara jawa halus dan jawa osing.. Jadi klo gk paham bahasa jawa dan osing mending gk usah ikut mengartikan dari pada berujung melecehkan.. Palapa itu artinya istirahat bukan bumbu dapur.. Siro bukan sira.. Artinya engkau/kamu berarti sumpahnya di ucapkan di suatu benda entah itu keris, atau apalah..

  12. Bodoh dibikin kontroversi woe tatang cba kmu jawab pertanyaan ini
    1 Suku asli sunda itu apa?
    2 Muncul dari mana dgn perjanjiannya apa?
    3 Mengapa memakai kain pengikat merah dkepala siapa yg mengikatnya?
    4 Halo2 Bandung Sudah lama BETA tidak berjumpa dgn KAU… Siapa bertemu siapa dan dmna tmpatnya?
    5 siapa yang berinama sunda kelapa?
    Jangan asal klo mongongin sejarah…
    Ayo jawab katanya orang SUNDA…

  13. Pingback: Gajah Mada III: Hamukti Palapa | Buku, Film, dan Hidup

  14. Hati2 kalo bikin karangan. Bukannya pemersatukan indonesia semakin maju. Malah menjatuhkan 1 suku ke suku lain. Anda boleh menyanjung suku anda dengan menjelekan suku lain. Apakah mereka bisa menerima tidak bung…itu saja dari saya terima kasih

  15. Di dalam sumpah disebut seran diarti jadi seram yang benar mana min karena memang ada kerajaan seran di NTB sama terkenalnya dengan kerajaan Dompu dua duanya di NTB

Leave a comment