KERAJAAN TALAGA: MELACAK JEJAK BUJANGGA MANIK

Tatang M. Amirin; 15 Januari 2011

Paparan tentang Kerajaan Talaga relatif panjang dan penting. Banyak yang masuk membuka “page” ini. Oleh karenanya saya jadikan sebagai satu “parent page” tersendiri, agar lebih mudah dikunjungi.

Silakan buka:

1. Kerajaan Talaga: Melacak Jejak Bujangga Manik (1) Talaga, Sindangkasih, Kabupaten Maja

2. Kerajaan Talaga: Melacak Jejak Bujangga Manik (3) Sumber Sejarah

3. Kerajaan Talaga: Melacak Jejak Bujangga Manik (4) Nama, Agama, dan Historis Pendirian

4. Kerajaan Talaga: Melacak Jejak Bujangga Manik (5) Ibu Kota Walangsuji, di Mana?

5. Kerajaan Talaga: Melacak Jejak Bujangga Manik (8) Melacak Situs dan Peninggalan

7 thoughts on “KERAJAAN TALAGA: MELACAK JEJAK BUJANGGA MANIK

  1. Sampurasun. Sepengetahuan saya banyak sekali kerajaan2 dulu yang ada di Tatar Sunda, namun sedikit sekali yang meneliti mengenai kerajaan2 Sunda Tempo dulu. Demikian juga situs-situs di tatar sunda ini serta sebagian kebudayaan Buhun pun sudah lama terkikis oleh jaman dan perabadan. Saya sendiri tidak mengerti mengapa warga Sunda Jawa Barat kurang begitu peduli terhadap Warisan Karuhunnya. Oleh karena itu saya yakin mas Tatang bisa memberikan ilmunya serta penelitiannya mengenai Kerajaan2 Sunda serta adat istiadat dahulu. Klu perlu juga Candi-candi yang ada di Jawa Barat serta peninggalannya bisa disertakan. Hatur nuhun. Cag Rampes

    • Rasanya saya tak cocok kalau mau dijadikan contact person untuk meneliti tradisi lisan Majalengka. Saya kan tidak di Majalengka, dan bukan key person/informan tradisi lisan. Bukan nolak ngasih nomor kontak, tapi secara etnografis (misalnya menurut konsep Spradley) tidak tepat untuk dijadikan informan.

Leave a comment